Pontianak Web & Open Source

Jasa Buat Website Pontianak. Pontianak Web & Open Source

Catatanku

Minggu, Juli 24, 2016 - 23:00 --- Komentar

Melanjutkan tentang Bootstrap, Less dan Gulp dari artikel sebelumnya di Pontianak Web. Pada catatan sebelumnya masih sebatas compile manual setiap ada perubahan. Ini tentunya akan sangat merepotkan dan tidak efisien dalam membuat website.

Senin, Juli 18, 2016 - 17:00 --- Komentar

Akhirnya ada lagi kesempatan menulis catatan di Pontianak Web & Open Source, kali ini mau buat catatan tentang mencoba Bootstrap di Drupal 7.

Minggu, September 27, 2015 - 10:51 --- Komentar

Tidak terasa sangat lama tidak menulis catatan di web ini. Catatan terakhir web ini sudah lebih dari setengah tahun rupanya. Kali ini mau lanjut lagi mengisi karena makin banyak yang dibaca, makin banyak juga yang dilupakan.

Sabtu, Maret 28, 2015 - 16:43 --- Komentar

Drush berfungsi menjalankan beberapa perintah Drupal via Command Line Interface. 

Sabtu, Mei 17, 2014 - 09:37 --- Komentar

Waktu desain ulang website aku, punya keinginan gimana kalo fitur pencarian dipakai saja views exposed filter. Setelah dibuat aku pinginnya didalam field pencarian ada teks bantu. Lama juga pusing nyarinya. Ternyata namanya Elemen Placeholder dari HTML5 kalo kagak salah.

Rabu, Maret 12, 2014 - 08:54 --- Komentar

Kali ini aku pingin membuat HTML elemen form select list langsung memiliki nilai default berdasarkan role dari user, tanpa perlu user mengisi lagi. Ceritanya begini. User A setiap membuat konten baru maka konten tersebut akan otomatis memiliki nilai Taxonomy Term A. Jika User B maka otomatis Term B. 

Minggu, Maret 9, 2014 - 10:05 --- Komentar

Aku ingin menghilangkan informasi seputar format teks yang tampil dibawah kotak wysiwyg editor. Karena menurutku kurang diperlukan lagi. Setelah googling ketemu salah satu solusinya, yaitu menambah beberapa kode di file template.php yang ada di folder themes kita.

function namathemes_filter_tips($tips, $long = FALSE, $extra = '') {
  return '';
}
function namathemes_filter_tips_more_info () {
  return '';
}

Sabtu, Maret 8, 2014 - 13:18 --- Komentar

Kali ini dapat kerjaan buat website untuk intranet. Setelah beberapa saat dibuat, baru kepikiran ni fitur lupa password kayanya gak dibutuhkan nih. Toh usernya cuman lingkungan kantor yang bisa hubungin Admin.

Seperti biasa cara terbaik adalah Googling dan ketemu cara yang paling enak dan mudah menurut aku. Caranya seperti berikut, pada folder themes kita edit file page.tpl.php. Tambahkan baris seperti dibawah sebelum baris <?php print render($tabs); ?>.

Senin, Desember 9, 2013 - 20:38 --- Komentar

Sempatin diri nyimpen nih script ke website. Ceritanya aku harus menyediakan fitur backup untuk Digital Library yang udah aku buat. OS yang di install adalah Ubuntu Desktop.

Scriptnya seperti berikut, ini hasil googling sana sini juga. Cuman aku sesuaikan dengan kebutuhan aku.

#!/bin/sh

####################################
#
# Backup Web.
#
####################################

Selasa, Oktober 8, 2013 - 07:22 --- Komentar

Selama laptop aku pake lubuntu, fitur autologin aktif sejak awal instalasi. Nah aku pingin mematikan fitur autologin ini. Cara mematikan fitur autologin seperti berikut. Supaya masuk OS ditanya password dulu.

Masuk terminal dengan menekan tombol CTRL + ALT + T trus ketik sudo nano /etc/lightdm/lightdm.conf

Nanti ketemu baris-baris seperti berikut