Pontianak Web & Open Source

Jasa Buat Website Pontianak. Pontianak Web & Open Source

Catatan Kecil di Linux Untuk Konversi DOCX ke PDF

Kam, 2020-06-11 21:45 -- mbahlol

Hari ini dapat pertanyaan "gimana ya cara konversi file DOCX dalam satu folder ini menjadi sebua file PDF". Googling pastinya yang dilakukan pertama, coba cari online ternyata kalau banyak harus registrasi ato berbayar. Pake aplikasi sejenis NitroPDF mungkin bisa. Ini dilakukan di komputer user yang memakai Windows 7.

Setelah balik ke laptop sendiri muncul pertanyaan, apakah libre bisa melakukan itu ya? coba googling lagi ketemu 2 cara yang mungkin bisa digunakan atau bisa jadi inspirasi kedepannya. Pertama pakai command line konversi saja semua file docx menjadi pdf. Misal dalam folder terdapat 3 file docx

  • satu.docx
  • dua.docx
  • tiga.docx

Perintah untuk konversi semua file tersebut seperti dibawah dengan catatan lakukan perintah ini di folder tempat file-file itu berada:

lowriter --headless --convert-to pdf *.docx

Hasil dari perintah diatas akan merubah semua file docx menjadi pdf. Sehingga di dalam folder akan muncul 6 file (3 docx dan 3 pdf)

Kemudian untuk menyatukannya aku gunakan pdfunite, sepertinya perintah ini sudah bawaan dari Ubuntu.

pdfunite satu.pdf dua.pdf tiga.pdf hasil.pdf

Perintah diatas akan menggabungkan ketiga file pdf menjadi satu dengan nama hasil.pdf, urutan halaman akan mengikuti urutan pada perintah yang dilakukan. 

Semoga kedepan bisa membuat script untuk efisiensi kerja, bayangkan aja kalo harus kerjain 100 folder dengan file berbeda.

 

Sumber: Libre Help Page | Ubuntu PDF Man Pages

Kategori Blog: