Pontianak Web & Open Source

Jasa Buat Website Pontianak. Pontianak Web & Open Source

Drupal: Upgrade Drupal Core

Kam, 2010-12-16 12:21 -- mbahlol

Drupal berdiri karena banyaknya kontribusi pengembang didalamnya. Masing-masing module dibuat dan ditest oleh pengguna dan pengembang drupal, nah kadang terdapat bug, error atau masalah keamanan dalam module tersebut. Maka dibuatlah module baru dengan versi yang lebih baik. 

Bagaimana jika Drupal Core sudah ada versi terbaru, Di bawah ini contoh Drupal 6.19 yang saya pakai dan sudah ada versi Drupal 6.20.

Upgrade Drupal Core

Yang pertama di lakukan pasti adalah Download drupal tersebut dengan cara klik link Download dan extract file tersebut.

Buat situs dalam keadaan off-line dengan cara merubahnya menjadi off-line pada namasitus/admin/settings/site-maintenance. Pilih off-line dan save. Untuk keterangan dapat dirubah pada Site off-line message:

Upgrade Drupal Core

Jika user membuka situs akan muncul pesan seperti dibawah. Fungsi site off-line ini adalah kita tidak mau jika user mengakses situs pada saat maintenance dan muncul pesan error ke user tersebut.

Upgrade Drupal Core

Berikutnya dengan program ftp atau sejenisnya, hapus di server situs semua file dan folder kecuali folder sites dan file .htaccess. Karena file dan folder tersebut tersimpan konfigurasi, modul dan themes dari situs kita.

Upload file dan folder dari drupal yang baru kita download kedalam server sites kita. Ingat karena di dalam server masih ada folder sites dan file .htaccess, maka lewatkan saja copy file dan folder tersebut. Sambil menunggu proses upload file dan folder drupal baru, minum teh ahh....slurrppp....ahhh......

Berikutnya adalah update database dengan login user-1 (user pada saat pertama install drupal). Update dapat dilakukan dengan mengakses alamat namasitus/update.php.

Upgrade Drupal Core

Ok sekarang masuk ke status report namasitus/admin/reports/status, dan lihat hasilnya. Drupal sudah berubah dari 6.19 ke 6.20. Cara ini hanya berlaku untuk drupal versi 6.x. Untuk drupal versi 5 ke 6, atau 5 ke 7, atau 6 ke 7 belum saya coba. Terakhir jangan lupa mengembalikan situs menjadi online, caranya sama seperti membuat situs off-line

Sumber : drupal.org

 

Kategori Blog: